DAMPAK SOSIAL INFORMATIKA

Bab 8 : Dampak Sosial Informatika

A. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi Informasi (TI) adalah teknologi yang menggunakan komputer untuk menyimpan, mengambil, dan mentransmisikan data atau informasi. TI secara umum adalah sistem informasi dan sistem komunikasi atau sistem komputer yang terdiri atas perangkat keras, perangkat lunak, dan peralatan peripheral yang digunakan oleh pengguna tertentu.

Manusia sebenarnya telah melakukan pekerjaan menyimpan, mengambil, memanipulasi, dan mentransmisikan informasi sejak zaman bangsa Sumeria di Mesopotamia mengembangkan tulisan pada sekitar 3.000 SM. Istilah TI dalam pengertian modern dikenalkan dengan definisi: teknik pemrosesan, penerapan metode statistik dan matematika untuk pengambilan keputusan, dan simulasi pemikiran tingkat tinggi melalui program komputer. Pengertian tersebut muncul pada tahun 1958 sebagai artikel di Harvard Business Review yang dikarang oleh Harold J Leavitt dan Thomas L. Whistler.

Masyarakat saat ini telah menjadikan TIK sebagai kebutuhan penting dalam bentuk berbagai perangkat seperti komputer, laptop, smartphone, tablet, internet, dan lainnya yang sering disebut gawai (gadget).


Perkembangan komputer dari awal kemunculannya hingga sekarang menjadi cell phones (ponsel) atau telepon pintar (smartphone) adalah suatu revolusi. Ukuran komputer menjadi makin kecil, tetapi memiliki kemampuan yang makin besar. Dahulu, komputer berukuran sebesar ruangan kelas, tetapi saat ini, komputer hanya sebesar genggaman tangan.

1. Pengaruh TIK terhadap Kehidupan Masyarakat

Manusia merupakan makhluk sosial yang akan selalu berhubungan dengan orang lain. Dengan menggunakan gawai yang terhubung dengan orang lain, memungkinkan kontak sosial yang makin intensif.

Aktivitas keseharian kita juga menjadi sangat efisien. Sebagai contoh, pekerjaan suatu perusahaan untuk berkorespondensi dengan pelanggan yang dahulu berbiaya mahal saat ini sangat mudah dan murah yang dilakukan menggunakan surel atau aplikasi chat. TIK juga memungkinkan kita membaca informasi terkini dari berbagai media besar dan koran terkemuka dengan hanya sekali klik pada gadget kita.

Saat ini, TIK sangat membantu kita dalam melaksanakan aktivitas keseharian kita. Contoh pengaruh TIK dalam kehidupan kita ialah sebagai berikut:

  • Aktivitas keseharian
  • Pendidikan/e-learning
  • Kesehatan
  • Perdagangan
  • Pekerjaan

2. Dampak Positif dan Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi

TIK telah berdampak pada kehidupan manusia, baik berupa dampak positif seperti meningkatnya produktivitas, efektivitas, dan efisiensi. Namun, di sisi lain, TIK juga memiliki dampak negatif, seperti berkurangnya interaksi tatap muka langsung (face-to-face), dan banyak beredarnya berita bohong di internet.

a. Dampak Positif

  • Pengelolaan kegiatan keseharian
  • Komunikasi dan hubungan sosial
  • Pencarian informasi dan berbagi informasi
  • Hiburan
  • Pendidikan
  • Lingkungan tanpa kertas (paperless)
  • Pengembangan kecakapan hidup sehari-hari

b. Dampak Negatif

  • Penyebaran informasi yang salah
  • Kecanduan internet dan game
  • Cyberbullying
  • Berkurangnya aktivitas sosial
  • Berkurangnya aktivitas fisik
  • Potensi kehilangan pekerjaan
  • Potensi korban kejahatan

B. Kolaborasi di Dunia Maya

Kolaborasi untuk melaksanakan pekerjaan menjadi lebih mudah dilakukan dengan TIK. Kolaborasi maya yang sering disebut juga kolaborasi virtual/daring adalah melakukan kerja bersama dengan orang yang berbeda tempat dan waktu untuk menyelesaikan tugas menggunakan perkakas tertentu. Pada masa pandemi, di mana aktivitas harus banyak dilakukan dari rumah, kolaborasi daring menjadi pilihan yang tepat karena pekerjaan dan belajar dapat berlangsung dengan efektif.

Praktik baik dalam kolaborasi maya meliputi:

  • Menentukan tujuan dan fokus: Fokus pada tujuan kolaborasi dan output yang akan dihasilkan.
  • Menyepakati dokumentasi kegiatan kolaborasi: Dokumen berisi sasaran, langkah-langkah menuju sasaran, dan pembagian tugas.
  • Saling mengecek secara reguler: Saling mengecek dan memperhatikan satu sama lain adalah hal penting untuk membangun budaya kerja yang baik, apalagi ketika anggota tim tidak berada di lokasi yang sama. Saling mengecek adalah cara yang bagus untuk menunjukkan dukungan dan mendorong rasa tanggung jawab. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan surel, chat, dan video conference.
  • Mengadakan pertemuan reguler, menetapkan jam kerja, dan menghindari gangguan: Penetapan jadwal pertemuan reguler penting saat bekerja dari rumah, hal ini berkaitan dengan prioritas yang harus dikerjakan yang pada akhirnya mendorong produktivitas.
  • Menggunakan perkakas terbaik.
  • Bereksperimen untuk mendapatkan cara terbaik berkolaborasi: Jika kolaborasi maya adalah cara baru, tim sebaiknya bereksperimen untuk mendapatkan cara, waktu, dan perkakas terbaik yang digunakan.
  • Menjaga kesehatan: Karena kolaborasi maya banyak dilakukan dengan duduk dalam waktu lama yang tidak baik bagi kesehatan, pengaturan aktivitas yang baik perlu dilakukan untuk menjaga tetap sehat.
  • Bersosialisasi dengan anggota tim: Tim akan efektif jika sering bekerja sama.
  • Hindari multitasking (mengerjakan beberapa hal sekaligus saat sedang berkolaborasi daring).
  • Rayakan kesuksesan kecil untuk menambah kekompakan tim.

Tersedia banyak perkakas yang saat ini dapat digunakan untuk kolaborasi daring tersebut, di antaranya sebagai berikut:

  • Google: Google memiliki sekumpulan aplikasi yang dapat digunakan untuk kolaborasi, di antaranya Google Docs, Sheet, Calendar, Meet, Gmail, Jamboard, Drive, dan lainnya.
  • Microsoft: Microsoft juga memiliki sekumpulan aplikasi untuk kolaborasi, yaitu Teams, One Drive, Office 365, dan lainnya.
  • Slack: Merupakan platform kolaborasi untuk bisnis, dengan model IRC (Internet Relay Chat) yang berisi chat room, private groups, dan messaging.
  • Zoom: Kolaborasi dalam bentuk tele-conferencing dan online chat.
  • Github: Merupakan perkakas kolaborasi untuk mengembangkan perangkat lunak, termasuk di dalamnya untuk hosting dan pengendalian versi perangkat lunak tersebut.

C. Media Sosial

Media sosial adalah salah satu teknologi yang dihasilkan dari perkembangan revolusi komputasi. Media sosial adalah media interaktif yang memungkinkan penggunanya untuk berkreasi, menuliskan ide dan ekspresi, serta membagikan informasi tersebut dalam komunitas virtual.

Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai “sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 dan memungkinkan penciptaan dan pertukaran konten yang dibuat sendiri oleh pengguna.”

Media sosial pertama kali ditemukan sejak dibuatnya GeoCities. GeoCities adalah aplikasi media sosial berbasis web yang dibuat tahun 1994 yang mengembangkan layanan website hosting di mana pengguna dapat membuat dan mempublikasikan situs web sesuai kreasi pengguna. Pada tahun 1995, aplikasi Classmates dikembangkan. Aplikasi ini merupakan layanan jejaring sosial (social network) yang awalnya digunakan untuk membantu penggunanya mencari teman sekolah dan kuliah. Aplikasi ini selanjutnya berkembang dengan konten yang lebih menarik, yaitu pembuatan buku tahunan sekolah, berbagi trailer film, musik, dan foto.

Definisi: Media sosial adalah platform online yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi, berbagi konten, dan membangun jaringan sosial.

  • Klasifikasi Media Sosial:
    • Blog (contoh: WordPress, Blogger)
    • Forum (contoh: phpBB, Stack Overflow)
    • Microblog (contoh: Wix, Tumblr, Medium)
    • Photo Sharing (contoh: Photobucket, Google Photos, Flickr)
    • Video Sharing (contoh: YouTube, Vidio, TikTok)
    • Social Network (contoh: Facebook, Instagram)
    • Social Gaming (contoh: Farmville, World of Warcraft)
    • Social Bookmarking (contoh: Twitter, Pinterest)

Media sosial saat ini berpengaruh besar pada budaya masyarakat. Makin banyaknya pengguna smartphone berdampak pada makin banyak pengguna media sosial. Riset dari social media flagship 2019 menyebutkan bahwa sosial media digunakan selama rata-rata 2 jam 23 menit per hari oleh penggunanya di seluruh dunia.

Penggunaan media sosial memiliki dampak positif dan negatif. Media sosial dimanfaatkan oleh banyak institusi dalam membantu pekerjaan mereka. Dampak positif media sosial di antaranya seperti berikut:

  • Kedekatan sosial antarpenggunanya: Kedekatan sosial akan membawa pengaruh baik dalam hal saling membantu antarkelompok dan saling berbagi konten yang berguna.
  • Mempermudah komunikasi: Media sosial dapat membantu mempermudah komunikasi, sehingga perusahaan besar, menengah, kecil, atau mikro dapat memanfaatkannya untuk pemasaran produk ke pelanggan, pemerintah dapat memanfaatkan untuk memperbaiki layanan ke masyarakat, dan lainnya.
  • Proses rekrutmen karyawan: Media sosial dapat digunakan untuk melihat rekam jejak calon karyawan saat proses rekrutmen karyawan.
  • Penegakan hukum dan investigasi: Foto-foto pelanggaran hukum yang di-posting di media sosial dapat digunakan oleh pihak berwenang untuk menindaklanjuti dengan penangkapan pelanggar hukum.
  • Media sosial memiliki platform yang dapat diisi dengan games, feedback, review, dan program lain yang berhubungan dengan aktivitas daring.
  • Platform ini memunculkan pertumbuhan aplikasi baru yang menambah lapangan pekerjaan.

Namun, di sisi lain, ada dampak negatif dari media sosial di antaranya seperti berikut:

  • Pengaruh terhadap kesehatan emosional.
  • Berita bohong atau berita palsu, dan hate speech.
  • Pencurian data.
  • Berpengaruh pada kesehatan emosional (iri hati, ketidakpuasan, kecanduan, depresi).
  • Penyebaran berita bohong (hoax) dan ujaran kebencian.
  • Pencurian data pribadi

 Mengkaji Kritis Informasi Media Sosial

  • Pentingnya Kritis Terhadap Informasi: Menghindari penyebaran berita bohong dan informasi yang salah.
  • Cara Mengenali Berita Bohong:
    • Mengembangkan pemikiran kritis dan tidak terpancing emosi.
    • Memeriksa sumber informasi dan keaslian situs web.
    • Membandingkan dengan liputan dari media lain.
    • Mengecek validitas gambar menggunakan alat seperti Google Image Search.
    • Menggunakan akal sehat.
  • Tindakan jika Menemukan Informasi Palsu: Tidak membagikannya dan melaporkan jika perlu

 Cyberbullying (Perundungan di Dunia Maya)


  • Definisi: Perilaku agresif yang dilakukan berulang kali melalui media digital, menyebabkan ketidakseimbangan kekuatan antara pelaku dan korban.
  • Contoh Perilaku Cyberbullying: Menyebarkan kebohongan, mengirim pesan atau ancaman yang menyakitkan, memposting komentar negatif, menggunakan akun palsu, trolling, pengucilan, membuat grup kebencian, menghasut, memaksa mengirim gambar tidak pantas, mengakses file pribadi orang lain.
  • Dampak Cyberbullying:
    • Pada Korban: Dampak mental dan emosional (malu, marah, khawatir, depresi), dampak fisik (lelah, sakit), bahkan dapat berujung pada tindakan bunuh diri.
    • Pada Pelaku: Cenderung agresif, impulsif, tidak menghargai orang lain, dijauhi teman.
    • Pada Saksi: Dapat menganggap perundungan sebagai hal yang normal atau ikut merundung karena takut.
  • Cara Mengatasi Cyberbullying: Tidak membalas, menghapus konten, blokir pelaku, laporkan ke orang dewasa terpercaya (orang tua, guru, konselor).
  • Pencegahan Cyberbullying: Berhati-hati dalam berbagi informasi pribadi, pelajari pengaturan privasi, laporkan konten yang tidak pantas.

D. Informasi Pribadi dan Hukum Privasi

Informasi pribadi adalah informasi tentang diri seseorang. Informasi pribadi dikenal dengan dua istilah yaitu informasi personal dan informasi privat. Informasi personal adalah informasi pribadi yang tidak dapat digunakan untuk mengidentifikasi seseorang, sedangkan informasi privat adalah informasi tentang seseorang yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi seseorang. Informasi privat adalah informasi yang berhubungan dengan privasi pribadi, yaitu informasi yang terkait dengan dapat dilacaknya seorang individu. Informasi privat sering juga disebut informasi sensitif.

1. Hukum Privasi

Hukum privasi adalah hukum yang merujuk pada pengelolaan, penyimpanan, dan penggunaan informasi pribadi. Hukum privasi menjadi pertimbangan dalam hubungan dengan hak privasi individu atau perlindungan privasi dalam hukum. The Universal Declaration of Human Rights menyebutkan bahwa setiap orang memiliki hak atas privasi, tetapi interpretasi dari hak ini berbeda di tiap negara. Tiga aspek kunci privasi yang harus dijaga di antaranya seperti berikut:

  • Kebebasan dari gangguan: Kebebasan ini adalah kebebasan bagi setiap manusia untuk sendiri tanpa diganggu oleh orang lain.
  • Melindungi dan mengendalikan informasi tentang diri sendiri.
  • Bebas dari pengawasan (diikuti, dilacak, diawasi, disadap).

2. Persetujuan yang Diinformasikan

Prinsip perlakuan yang etis atas informasi pribadi adalah persetujuan yang diinformasikan. Saat suatu organisasi/aplikasi menginformasikan bahwa ada proses pengumpulan data dan menerapkan kebijakan penggunaan tentang data tertentu, seseorang dapat memutuskan apakah akan berinteraksi/menggunakan dengan organisasi/aplikasi tersebut.

Masalah privasi informasi sering muncul dari berbagai sumber, di antaranya seperti berikut:

  • Rekam medis kesehatan
  • Penyelidikan yang berkaitan dengan hukum dan kriminal
  • Transaksi dan institusi keuangan
  • Ciri biologis seperti materi genetik
  • Tempat tinggal dan informasi geografis
  • Pelanggaran privasi
  • Perilaku saat browsing di web
  • Riset akademik
  • Kebijakan untuk melindungi data pribadi

Bisnis, organisasi, dan lembaga pemerintah yang mengumpulkan dan menyimpan data pribadi memiliki tanggung jawab etis (dan bisa juga tanggung jawab hukum) untuk melindungi data dari penyalahgunaan. Mereka juga harus terus memperbarui kebijakan keamanan untuk melindungi data pribadi dalam mengantisipasi teknologi dan ancaman baru.

Demikianlah sajian rangkuman materi pada pelajaran informatika yang akan dipelajari di kelas 7 Bab 8 untuk semester 2 kurikulum merdeka. Semoga informasi pendidikan ini bermanfaat baik bagi guru maupun bagi murid dalam mempelajari mata pelajaran informatika di jenjang SMP.











Sumber : 



LINK TUGAS INFORMATIKA 
SMP KARTIKA IV-10 SURABAYA 



Komentar

BERITA

PENGENALAN SCRATCH

PENDAFTARAN KARTU LOGIN